Senin, 07 Juli 2014

LISTRIK

Assalamualaikum wr wb
hai teman-teman,Apa kabar? pasti baik donk.oia kali ini kita akan membahas tentang listrik.sebelumnya kalian tahu apa itu listrik? listrik itu adalah sumber daya yang selama ini kita pakai untuk menghidupkan lampu dan alat yang menggunakan listrik lainnya deh. ayo kita bahas lebih dalam lagi.
Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik. Listrik, dapat juga diartikan sebagai berikut:
·         Listrik adalah kondisi dari partikel subatomik tertentu, seperti elektron dan proton, yang menyebabkan penarikan dan penolakan gaya di antaranya.
·         Listrik adalah sumber energi yang disalurkan melalui kabel. Arus listrik timbul karena muatan listrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif.



Bersama dengan magnetisme, listrik membentuk interaksi fundamental yang dikenal sebagai elektromagnetisme. Listrik memungkinkan terjadinya banyak fenomena fisika yang dikenal luas, seperti petir, medan listrik, dan arus listrik. Listrik digunakan dengan luas di dalam aplikasi-aplikasi industri seperti elektronik dan tenaga listrik


listrik juga memiliki sifatnya, ayo pahami lagi sifat-sifat listrik berikut:
 


Listrik memberi kenaikan terhadap 4 gaya dasar alami, dan sifatnya yang tetap dalam benda yang dapat diukur. Dalam kasus ini, frasa "jumlah listrik" digunakan juga dengan frasa "muatan listrik" dan juga "jumlah muatan". Ada 2 jenis muatan listrik: positif dan negatif. Melalui eksperimen, muatan-sejenis saling menolak dan muatan-lawan jenis saling menarik satu sama lain. Besarnya gaya menarik dan menolak ini ditetapkan oleh hukum Coulomb. Beberapa efek dari listrik didiskusikan dalam fenomena listrik dan elektromagnetik.
Satuan unit SI dari muatan listrik adalah coulomb, yang memiliki singkatan "C". Simbol Q digunakan dalam persamaan untuk mewakili kuantitas listrik atau muatan. Contohnya, "Q=0,5 C" berarti "kuantitas muatan listrik adalah 0,5 coulomb".
Jika listrik mengalir melalui bahan khusus, misalnya dari wolfram dan tungsten, cahaya pijar akan dipancarkan oleh logam itu. Bahan-bahan seperti itu dipakai dalam bola lampu (bulblamp atau bohlam).
Setiap kali listrik mengalir melalui bahan yang mempunyai hambatan, maka akan dilepaskan panas. Semakin besar arus listrik, maka panas yang timbul akan berlipat. Sifat ini dipakai pada elemen setrika dan kompor listrik..

ini lah unit" listrik SI, pahami lah dan cermati
 

Unit-unit elektromagnetisme SI
Simbol
Nama kuantitas
Unit turunan

Unit dasar
I
Arus
ampere
A
A
Q
Muatan listrik, Jumlah listrik
coulomb
C
A·s
V
Perbedaan potensial
volt
V
J/C = kg·m2·s−3·A−1
R, Z
Tahanan, Impedansi, Reaktansi
ohm
Ω
V/A = kg·m2·s−3·A−2
ρ
Ketahanan
ohm meter
Ω·m
kg·m3·s−3·A−2
P
Daya, Listrik
watt
W
V·A = kg·m2·s−3
C
farad
F
C/V = kg−1·m−2·A2·s4

Elastisitas
reciprocal farad
F−1
V/C = kg·m2·A−2·s−4
ε
Permitivitas
farad per meter
F/m
kg−1·m−3·A2·s4
χe
Susceptibilitas listrik
(dimensionless)
-
-

Konduktansi, Admitansi, Susceptansi
siemens
S
Ω−1 = kg−1·m−2·s3·A2
σ
Konduktivitas
siemens per meter
S/m
kg−1·m−3·s3·A2
H
Medan magnet, Kekuatan medan magnet
ampere per meter
A/m
A·m−1
Φm
Flux magnet
weber
Wb
V·s = kg·m2·s−2·A−1
B
Kepadatan medan magnet, Induksi magnet, Kekuatan medan magnet
T
Wb/m2 = kg·s−2·A−1

ampere-turns perweber
A/Wb
kg−1·m−2·s2·A2
L
Induktansi
henry
H
Wb/A = V·s/A = kg·m2·s−2·A−2
μ
Permeabilitas
henry per meter
H/m
kg·m·s−2·A−2
 χm
Susceptibilitas magnet
(dimensionless)
-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar